KEUNGGULAN MINYAK- DAN GASBUMI SEBAGAI SUMBER ENERGI



Minyak- dan gasbumi, terutama minyakbumi, mempunyai keunggulan daripada
sumber energi lainnya yang telah diutarakan di atas. Keunggulan ini terutama ditinjau dari segi teknik maupun ekonomi. Keunggulan tersebut disebabkan karena berbagai sifat fisika tertentu dari minyak- dan gasbumi, yaitu antara lain:

1) SIFAT CAIR MINYAKBUMI
sifat cair minyakbumi ditinjau dari segi teknik menguntungkan; pertama-tama karena cairan itu mudah sekali untuk ditransportasikan. Cairan mudah disimpan dalam berbagai macam bentuk tempat ataupun tanki; dapat menyesuaikan diri dengan bentuk alat transport; dapat ditransport dengan memompakannya melalui pipa sehingga mengalir sendiri. Juga dari segi pemindahan, cairan sangat mudah dialirkan dengan menggunakan pipa dan sebagainya. Misalnya saja bensin, suatu hasil pengilangan minyakbumi, mudah ditempatkan da1am tanki motor yang bentuknya bisa disesuaikan dengan selera kita. Contoh lain ia1ah, mudahnya ditempatkan dalam mobil yang bentuk tankinya bisa disesuaikan dengan tempat yang tersedia dan ekonomi ruang yang terdapat dalam mobif tersebut. Bayangkan saja kalau kita harus menggunakan batubara sebagai sumber energi, maka penyimpanannya memerlukan tempat dan bentuk yang khusus, dan cara mentransportnya pun lebih sulit karena merupakan bahan yang sifatnya padat (bulky).
Gasbumi mempunyai sifat gas yang juga mempunyai keunggulan daripada zat padat, dan sebetulnya juga terhadap zal cair karena dapat dimampatkan, sehinqga volumenya dapat diperkecil. Di lain fihak gas sangat mudah mengalir dan kebocoran sulit diketahui, sehingga memerlukan teknologi lebih tinggi dalam penvimpanannva.Dapatlah dibayangkan bahwa dengan adanya sumber energi yang berbentuk cair atau gas ini penyimpanan dan transportasi sangat dipermudah.

2) MINYAK- DAN GASBUMI MEMPUNYAI NILAI KALOR TINGGI
Nilai kalori yang tinggi dapat dilihat pada Tabel l-1 yang menunjukkan bahwa bensin mempunyai kalori yang sangat tinggi. Juga gas, mempunyai nilai energi sangat tinggi.

Tabel 1 - 1 Nilai kalori beberapa jenis bahan-bakar
Bahan bakar
kal/gram
BTU/Lbs*
Kayu
Arang kayu (rata-rata)
Lignit/batubara muda
Batubara subbitumina
Batubara bitumina
Lemak hewan (rata)
Minyak nabati
Alkohol/eti1
Aspal
Minyak mentah
Minyak bunker
Solar (diesel fuel)
Minyak tanah (kerosene)
Bensin (gasoline)
3.990 - 4.420
7.260
3.328 - 3.339
5.289 - 5.862
5.650 - 8.200
9.500
9.300 - 9.500
6.456
5.295
70.419 – 70.839
10.283 - 1O.764
1O.667
11.006
11.528
7.182 – 7.956
13.068
5.440 - 6.010
9.520 - 10.550
10.240 - 14.620
17.100
16.740 - 17.1OO
11.620
9.530
78.755 - 79.570
18.510 - 19.516
19.200
19.810
20.750
*1 BTU = 252.000 kalori
 1 LBS = pound = 459 gram

Selain itu, minyak dan gasbumi juga bersifat memperkecil atau menciutkan volumenya, sehingga sangat mempermudah transportasi. Ini berarti bahwa satu kilogram minyakbumi akan menghasilkan kalori yang lebih banyak daripada satu kilogram batubara. Pengangkutan batubara tidak pu1a efisien, sehingga dengan demikian mengurangi ‘payload’. Bahan bakar berkalori tinggi memungkinkan misalnya pembuatan pesawat terbang ataupun roket yang berat dari penyediaan bahan bakarnya adalah kritis.

3) MINYAK- DAN GASBUMI MENGHASILKAN BERBAGAI MACAM BAHAN BAKAR
Minyak- dan gasbumi, terutama minyak mentah, menghasilkan berbagai macam fraksi distilasi yang merupakan bahan bakar untuk keperluan berbagai macam mesin. Misalnya, bensin untuk mesin motor, kerosin untuk mesin jet, solar untuk mesin diesel. Hal ini sangat menguntungkan dalam perancangan berbagai macam mesin untuk keperluan tertentu, sehingga kebutuhan bahan bakarnya dapat sesuai dengan masing-masing jenis mesin tersebut.

4) MINYAKBUMI MENGHASILKAN BERBAGAI MACAM PELUMAS
Hal ini tidak ada hubungannya dengan minyakbumi sebagai bahan bakar, akan tetapi jelas sekali bahwa adanya berbagai macam pelumas memungkinkan pembuatan berbagai jenis mesin, mulai dari 2-tak, diesel, pesawat jet, berbagai mesin perseneling dan sebagainya.

5) MINYAKBUMI DAPAT BERSIFAT SEBAGAI BAHAN BAKU YAITU BAHAN PETROKIMIA ('PETROCHEMICALS’, MISALNYA, BAHAN PLASTIK, TEKSTIL TERTENTU DAN SEBAGAINYA).
Sifatnya sebagai bahan petrokimia mempengaruhi perkembangan industry tekstil dan plastik dewasa ini. Sebagai bahan sintetis dan barang bahan, seperti plastik dan tekstil misalnya, minyakbumi memegang peranan sangat penting. Sebagai contoh, plastik sebagai alat pembungkus dewasa ini telah mendesak daun pisang, begitu pun bahan tekstil seperti nylon dan sebagainya dibuat dari bahan minyakbumi. Sekarang banyak bejana dibuat dari plastik dan bukan lagi dari besi atau logam lainnya, begitu pun pipa karet banyak digantikan dengan bahan berkualitas jauh lebih baik.
Kalau kita bandingkan keuntungan penggunaan minyakbumi dengan batubara, nyatalah perbedaan yang jauh sekali, misalnya saja dalam hal penambangannya. Sifat cair minyakbumi menyebabkan penambangannya jauh lebih mudah dan aman daripada batubara. Kita cukup membor dan memompa minyakbumi, sedangkan pada penambangan batubara kita dihadapkan dengan berbagai macam masalah. Misalnya, karena penambangan batubara berlangsung di bawah tanah, timbullah berbagai persoalan: ventilasi udara, keamanan tambang, beraneka macan pengotoran yang terjadi di dalam tambang, kemungkinan kecelakaan gas dan sebagainya. Apabila diusahakan tambang terbuka, biaya jadi lebih mahal, misalnya pengupasan tanah yang menutup batubara memerlukan biaya sangat besar dan teknologi yang maju. Belum lagi biaya untuk mengangkut zat padat yang tergantung pada truck, lori ataupun kereta-api yang memerlukan tenaga serta ruang yang jauh lebih banyak daripada untuk mengambil minyak dengan cara pompa melalui pipa dan seterusnya. Memang secara geologi batubara jauh lebih mudah dicari daripada minyakbumi. Tetapi di lain fihak batubara itu kotor, sukar untuk ditransport sedangkan minyakbumi walaupun kotor dapat ditransport oleh pipa. Meskipun ada kemungkinan kebocoran pada penggunaan pipa, tetapi jauh lebih bersih daripada mentransport batubara. Selain itu instalasinya juga jauh lebih aman daripada penambangan batubara.
Sumber energi lainnya, yaitu sumber radioaktif, secara geologi lebih sulit lagi dicari, tetapi mempunyai nilai kalori atau sumber yang lebih besar daripada minyakbumi. Sumber nuklir juga dapat menimbulkan bahaya dan pengotoran udara yang lebih besar daripada minyakbumi.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk abad ini, minyak- dan gasbumi, terutama minyakbumi, mempunyai keunggulan yanq lebih tinggi daripada sumber energi lainnya.
Juga sampai kini minyakbumi merupakan sumber energi yang palinq murah, setidaknya sebelum kenaikan harga minyakbumi semakin melonjak.

2 komentar:

dzumafo juniors mengatakan...

mana jawaban aslinya -_-

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar