MINYAKBUMI SEBAGAI ZAT UNIK DALAM KERAKBUMI



Minyakbumi merupakan suatu zat unik di dalam kerakbumi yang sebetulnya serba padat di samping air. Keunikan tersebut dapat kita perinci sebagai berikut:
1) Sifatnya yang cair membedakannya dengan zat lain di sekitarnya, kecuali air.
2) Sifatnya yang cair menyebabkan geologi sejarah minyakbumi pun berlainan dari kerakbumi sendiri.
Cara terbentuknya kerakburni dan perkembangannya, juga lain dengan minyakbumi. Minyakbumi dibentuk di tempat tertentu, tetapi karena sifatnya yang cair, dapat pindah dan berkumpul di tempat lain.
3)Susunan kimia minyakbumi juga berbeda dengan kerakbumi. Minyakbumi merupakan campuran komplex senyawa hidro-karbon dari berbagaimacam isomer, dengan rantai panjang, merupakan jaringan yang komplex, dan jumlahnya ratusan bahkan sampai ribuan. Kerakbumi terbentuk daripada batuan yang terdiri dari berbagai mineral- terutama mineral silikat, yaitu mengandung unsur silikon dan oksigen. Jadi di satu fihak kita menghadapi suatu sistem hidro-karbon, di lain fihak sistem silikat.
4) Secara kimia minyakbumi mempunyai hubungan erat dengan zat organik sehingga batuan sedimen merupakan habitat minyak dalam kerakbumi.

Pada beberapa bab selanjutnya, akan dijelaskan bahwa minyakbumi merupakan hasil penguraian atau pengubahan zat organik, sedangkan zat organik hanya didapatkan atau ikut terendapkan dengan batuan sedimen dan tidak mungkin dengan batuan beku atau pun batuan metamorf. Jadi, jelaslah bahwa terbentuknya minyakbumi sangat erat hubungannya dengan cara pembentukan batuan sedimen.

0 komentar:

Posting Komentar